Sukses Dalam Pandangan Heddys Blog
'
Pengertian PTK Menurut Para Ahli
TAGGED UNDER:

Pengertian Puisi Romansa

Setelah sebelumnya saya memberikan gambaran tentang Unsur-Unsur Puisi, Jenis-Jenis Puisi, dan Pengertian Diksi dan bahasan-bahasan lainnya, sekarang saya akan sedikit membahas tentang Pengertian Puisi Romansa


Beberapa ahli menuturkan hal yang berbeda mengenai puisi romansa. Kosasih (2008:40) menyatakan bahwa puisi romansa adalah jenis puisi cerita yang menggunakan bahasa romantis yang berisi kisah percintaan yang diselingi oleh perkelahian dan petualangan.

Hal lain diungkapkan Sayuti (2008:18), bahwa puisi romansa adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih. Istilah romansa berasal dari bahasa perancis, yaitu Romantique yang berarti keindahan perasaan; persoalan kasih sayang, rindu dendam, serta kasih mesra.

Waluyo (1995:136), menyatakan bahwa puisi romansa adalah jenis puisi cerita yang menggunakan bahasa romantik dan berisi ungkapan cinta kasih maupun kisah percintaan. Puisi romansa dapat juga berarti cinta tanah kelahiran.

Tjahjono Widijanto (2007:68) mengungkapkan bahwa puisi Romansa adalah sajak atau puisi yang berisikan cerita tentang cinta kasih, baik cinta kasih kepada lain jenis kelamin, kepada bangsa dan negara, kedamaian, dan sebagainya. 

Selain itu, puisi romansa dapat didefinisikan jenis puisi cerita yang menggunakan bahasa romantic berisi kisah percintaan yang berhubungan dengan ksatria, dengan diselingi perkelahian dan petualangan yang menambah percintaan mereka lebih mempesonakan. 

Moto hari ini "
"Menjadi Bijak bukan pelajaran atau pilihan, tetapi dia adalah suatu keharusan"
(Heddy's Blog)

Semoga bermanfaat



Saya hanyalah blogger pemula yang ingin berbagi dengan anda, jangan lupa, sayangi gurumu hormati temanmu itulah blogger budiman.
Follow me @Hedd10
Subscribe to this Blog via Email :

0 komentar:

Mohon jangan memasukkan link aktif di komentar. Bantu saya meningkatkan kwalitas blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam

© 2014 Heddy's Blog. Designed by Bloggertheme9
Powered by Blogger.
back to top