Pengertian Karangan Persuasi

Karangan persuasi adalah karangan yang bertujuan membuat pembaca percaya, yakin, dan terbujuk akan hal-hal yang dikomunikasikan yag mungkin berupa fakta, suatu pendirian umum, suatu pendapat atau gagasan ataupun perasaan seseorang.
Pengertian Karangan Persuasi

Dalam karangan persuasi, fakta-fakta yang relevan dan jelas harus diuraikan sedemikian rupa sehingga kesimpulannya dapat diterima secara meyakinkan (Lamuddin Finoza, 2009: 253).

Pendapat lain diungkapkan Kosasih (2003:27) bahwa karangan persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu yang diujarkan sipenulis. Oleh karena itu, sebuah tulisan persuasif memerlukan data sebagai penunjang. Data yang digunakan dalam tulisan atau karangan persuasif lebih baik berupa fakta. 

Dalam tulisan atau karangan persuasif biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang sifatnya mengajak atau memengaruhi pembaca agar bersikap atau melakukan sesuatu.


Hedi Putra

1 Response to " Pengertian Karangan Persuasi "

Mohon jangan memasukkan link aktif di komentar. Bantu saya meningkatkan kwalitas blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam