Pengertian Diksi

Beberapa Ahli bahasa menyatakan pandangannya mengenai diksi. Lamudin Finoza (2009:129) menyatakan bahwa diksi pada dasarnya hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam kalimat, alinea, atau wacana. Pemilihan kata akan dapat dilakukan apabila tersedia sejumlah kata yang artinya hampir sama atau bermiripan.

Ketersediaan kata akan ada apabila seseorang mempunyai pembendaharaan kata yang memadai, seakan-akan ia memiliki senarai (daftar) kata. Dari senarai kata itu dipilih satu kata yang paling tepat untuk mengungkapkan suatu pengertian.
Pengertian Diksi

Tanpa menguasai sediaan kata yang cukup banyak, tidak mungkin seseorang dapat melakukan pemilihan atau seleksi kata. Dengan kata lain diksi atau pihan kata mengandung pengertian upaya atau kemampuan membedakan secara tepat kata-kata yang memiliki nuansa makna serumpun
Gorys Keraf (2000:23) mendefinisikan pengertian pilihan kata atau diksi ini dalam tiga pengertian.
  • Pertama, diksi adalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna dari gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai (cocok) dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat pendengar.
  • Kedua, plilihan kata atau diksi mencakup pengertian kata – kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata – kata yang tepat atau menggunakan ungkapan – ungkapan, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.
  • Ketiga, pilihan kata yang tepat dan sesuai hanya dimungkinkan oleh penguasa sejumlah besar kosa kata atau perbendaharaan kata bahasa itu. Sedangkan yang dimaksud pembendaharaan kata atau kosa kata suatu bahasa adalah keseluruhan kata yang dimiliki suatu bahasa.
  •  
    Pendapat lain diungkapkan Kosasih (2008:33) yang menyatakan bahwa diksi merupakan kata yang digunakan dalam puisi yang merupakan hasil pemilihan yang sangat cermat.
Kata-katanya merupakan hasil pertimbangan, baik makna, susunan bunyinya, maupun hubungan kata dengan kata-kata lain dalam baris dan baitnya. Kata-kata memiliki kedudukan yang sangat penting dalam puisi. Kata-kata dalam puisi bersifat konotatif. Makna kata-kata itu mungkin lebih dari satu. Kata-kata yang dipilih hendaknya puitis yang mempunyai efek keindahan. Bunyinya harus indah dan memiliki keharmonisan dengan kata-kata lainnya
Semoga bermanfaat.

0 Response to " Pengertian Diksi "

Post a Comment

Mohon jangan memasukkan link aktif di komentar. Bantu saya meningkatkan kualitas blog ini. Untuk dapat berkomentar silahkan ikuti blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam