PENGERTIAN KREATIVITAS

Pengertian KreativitasPengertian Kreativitas | Heddy's Blog, Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan tentang sesuatu dalam cara yang baru dan tidak biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik (Santrock, 2004). Kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkan dalam pemecahan masalah. Kreativitas meliputi baik cirri-ciri aptitude seperti kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) dalam pemikiran. Maupun, cirri-ciri non aptitude, seperti rasa ingin tahu, senang mengajukan pertanyaan dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru (Wulan, 2004).

Kreativitas didefinisikan pula sebagai kemampuan untuk menciptakan kemampuan yang baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah dan sistem masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya (Munandar, 1999).

Agar kreativitas dapat terwujud maka dibutuhkan adanya dorongan dari dalam diri individu (motivasi instrinsik) maupun dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik). Motivasi instrinsik adalah kecenderungan atau dorongan pada seseorang untuk mewujudkan potensi dan dirinya, serta dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, juga dorongan untuk mengungkapkan dan mengaktifkan semua kapasitas seseorang. Dorongan ini merupakan motivasi primer untuk kreativitas ketika individu membentuk hubungan-hubungan baru dengan lingkungannya dalam upaya menjadi diri sendiri sepenuhnya. Dorongan ini ada pada setiap orang dan sifatnya internal namun membutuhkan kondisi yang tepat untuk diekspresikan (Munandar, 1999).

Diatas adalah sekilas pandang dan sedikit kata pengantar tentang Pengertian Kreativitas

2 Responses to " PENGERTIAN KREATIVITAS "

Mohon jangan memasukkan link aktif di komentar. Bantu saya meningkatkan kualitas blog ini. Untuk dapat berkomentar silahkan ikuti blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam