logo blog
Selamat Datang Di Heddys Blog
Terima kasih atas kunjungan Anda di Heddys Blog,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengertian Hakikat Menulis

Heddy'sBloG | Pengertian Hakikat Menulis

Tarigan (1985:5) menyatakan bahwa menulis adalah keterampilan yang produktif karena menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang sifat dan karakternya sangat berbeda dengan berbicara yang diungkapkan secara langsung. Suparno, Yunus (2006:14) berpendapat bahwa menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan telaah, serta revisi atau penyempurnaan tulisan. Menurut Morsey (Dalam Suparno, Yunus, 2006:30), menulis merupakan keterampilan yang produktif dan ekspresif karena menulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa, dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai.
Yunus (2006:29) berpendapat bahwa tulisan dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi secara tidak langsung kepada pihak lain untuk menyampaikan informasi. Kegiatan menulis bukan hal yang mudah karena menulis harus dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat memberikan gambaran atau gagasan kepada pembaca melalui tulisan. Dan penulis juga harus terampil dalam menggunakan struktur bahasa, tidak hanya merangkai kata demi kata tetapi harus sesuai dengan struktur kebahasaan. Seseorang dapat menulis dengan baik bila penulis memiliki pengetahuan yang luas sehingga tulisannya tidak monoton.
"Pada Dasarnya Budaya Menulis di Indonesia sangat Rendah, Kalo Budaya Lisan paling jago, seperti Infotainment, Gosip, Kasak kusuk dan sajabana.... hehe"
Dilihat dari segi keterampilan berbahasa, kemampuan menulis seseorang tidak sekedar untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk menyatakan gagasan-gagasan kepada orang lain. Dalam kegiatan menulis, ada sebuah proses yang harus dilalui dengan beberapa tahapan.
Pengertian Hakikat Menulis
Belajar Ni yeeeeee.....
Berdasarkan teori-teori di atas, maka yang dimaksud dengan menulis adalah merupakan salah satu keterampilan yang produktif, artinya dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat dipergunakan sebagai alat untuk berkomunikasi secara tidak langsung oleh sipenulis. Definisi tersebut memperlihatkan bahwa pengertian menulis merupakan komunikasi secara tertulis kepada pihak lain melalui beberapa fase atau tahapan yaitu fase persiapan, pengembangan isi  dan revisi serta memperhatikan dan menggunakan struktur kebahasaan yang benar. 

Demikian. Semoga bermanfaat. Salam
Enter your email address to get update from Hedi Putra.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

postingan yang sngat bermanfaat, terimakasih

Balas

Media Jawa # sama - sama , terima kasih atas kunjungannya,,,

Balas

Mohon jangan memasukkan link aktif di komentar. Bantu saya meningkatkan kualitas blog ini. Untuk dapat berkomentar silahkan ikuti blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Salam

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2015. Heddy's Blog - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger